Tuesday, January 12, 2010

Wedding at Restaurant?

Makan, minum dan menikah di restoran favorit Anda, kenapa tidak? Siapa pun tahu, cara yang paling ampuh untuk membuat para tamu senang dan bahagia setelah menghadiri pesta Anda, adalah dengan menghadirkan makanan yang enak dan lezat. Karena itu, mengapa tidak mencoba merancang sebuah resepsi di kafe atau restoran kesukaan Anda.

Bila ketika masa pacaran Anda dan pasangan sering berkunjung ke sebuah rumah makan yang memiliki menu andalan yang lezat, mengapa tak jadikan tempat itu alternatif untuk melangsungkan pernikahan Anda. Well, everybody loves to eat right?

Cukup banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, dan pastinya Anda bisa menghemat budget. Salah satu nilai plus dari resepsi di restoran, para pengelola restoran biasanya tidak mematok harga tinggi atau bahkan tak jarang mereka menggratiskan biaya sewa restoran. Anggap saja sebagai bonus karena Anda sudah "memborong" semua menu yang mereka punya.

Anda juga tak usah pusing-pusing untuk membayar sewa pelayan. Karena mereka sudah termasuk service dari pihak restoran. namun, tetap saja ada beberapa faktor yang harus Anda cermati. Simak ulasan berikut untuk membantu Anda.

1. Faktor Makanan

Bila Anda ingin menghidangkan menu tertentu pada tamu-tamu Anda seperti sushi, masakan India, atau menu-menu unik dan berbeda lainnya yang Anda suka, maka pilihlah restoran yang paling representatif untuk menjadi tempat resepsi Anda.

2. Harga

Harga merupakan hal penting yang pastinya harus Anda pertimbangkan. Jangan memaksakan diri untuk mengadakan party di restoran bintang lima sementara kocek Anda "menjerit kesakitan". Ongkos yang akan Anda gunakan untuk menyewa restoran biasanya tergantung pada fasilitas apa yang akan Anda gunakan.

Apakah Anda akan menggunakan seluruh ruangan yang ada, atau hanya bagian tertentu saja, dimana pengelola masih bisa melayani pelanggan lain, di luar tamu-tamu Anda.

Jika Anda berencana untuk mengambil alih seluruh fasilitas, kemungkinan besar Anda harus memberikan kompensasi pada pengelola untuk bisnisnya hari itu. Dan itu pastinya bukan biaya yang murah. Namun, bukan tidak mungkin untuk resepsi dalam restoran jika anggaran Anda terbatas.

Cara yang paling mudah adalah dengan memilih tempat yang memiliki lebih dari satu ruang makan, atau fasilitas makan pribadi, sehingga pengelola dapat tetap menggunakan ruang makan utama dan bar terbuka untuk umum.

3. Ambiance

Anda juga patut memikirkan ambiance atau suasana yang dihadirkan dari restoran itu. Jadi tamu-tamu Anda bisa menyesuaikan pakaian mereka ketika hadir di pesta Anda. Tanyakan juga pada pihak pengelola, apakah Anda bisa menambahkan dekorasi, ornamen atau hiasan tertentu pada restoran untuk memberikan kesan yang lebih berbeda.

4. Pemilihan Musik

Memang terdengar sepele, namun keberadaan musik akan semakin menyemarakan pesta Anda. Karena itu, pastikan restoran yang Anda pilih memiliki ruang untuk sebuah band. Atau bila daftar tamu-tamu Anda terlalu panjang, setidaknya mereka memiliki fasilitas untuk memutar musik yang Anda inginkan. Jazz, atau sesuatu yang klasik mungkin bisa menjadi pilihan untuk menghibur tamu-tamu Anda.

5. Tempat Parkir

Ini juga hal yang harus Anda cermati. Jika restoran yang Anda pilih berada di daerah padat, kemungkinan mereka tak memiliki sarana parkir yang luas. Karena itu, carilah restoran yang sekiranya mampu menampung semua kendaraan tamu-tamu Anda dan pastinya aman. Namun, bila Anda tetap memutuskan untuk menggunakan restoran tersebut, pastikan tersedia alternatif lapangan parkir yang bisa Anda gunakan.

6. Faktor Privasi

Bila Anda memutuskan untuk mem-booking seluruh fasilitas restoran, maka hari itu restoran seutuhnya milik Anda. Semua yang datang pastinya orang-orang yang memiliki kedekatan dengan Anda. Namun, bila Anda memutuskan untuk menyewa hanya sebagian dari restoran tersebut, maka Anda harus pastikan pesta Anda tidak akan terganggu oleh orang lain yang tidak berkepentingan yang mungkin berbaur dalam pesta Anda. Faktor privasi, penting!

No comments:

Post a Comment