Tuesday, January 12, 2010

Pernak-pernik Seserahan

Di Indonesia, ritual seserahan sepertinya sudah menjadi bagian yang umum dalam setiap rangkaian pernikahan. Bila dulu seserahan merupakan bagian pelengkap dan tidak wajib hukumnya, kini seperti sudah mengakar budaya dan menjadi bagian dari prosesi pernikahan.

Seserahan merupakan simbolik dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab ke pihak keluarga, terutama orang tua calon pengantin perempuan. Untuk adat istiadat di Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur) biasanya seserahan diberikan pada saat malam sebelum akad nikah pada acara midodareni untuk adat Jawa dan ngeyeuk seureuh untuk adat Sunda. Tetapi ada juga yang melakukan seserahan pada saat acara pernikahan.

Pernak-pernik yang lazimnya menjadi barang seserahan pun beragam mulai dari pakaian hingga buah-buahan, yang dikemas sedemikian rupa dalam wadah keranjang dan di hias dengan pita-pita berwarna-warni.

Hantaran tersebut berisi pakaian seperti kebaya dan Kain, baju Kerja, baju Pesta hingga handuk dan baju mandi. Alat-alat perawatan tubuh. Diantaranya sabun, shampoo, body lotion, bedak badan, parfum dan sebagainya. Make Up, terdiri dari pelembab, alas bedak, compact powder, Eye Shadow, Maskara, Blush On, Pensil Alis, lipstick. Sepatu atau Selop, tas, pakaian dalam dan baju tidur.

Ada juga perhiasan dan jam tangan, bahkan aneka makanan mulai dari buah-buahan, kue taart, kue kering atau pun masakan matang seperti ayam opor, semur dan sebagainya.

Barang seserahan diatas tidak mutlak tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan, selera dan budget. Intinya barang seserahan biasanya adalah barang yang biasa dipakai calon pengantin perempuan. Jumlahnya biasanya ganjil 5, 7, 9 atau tergantung selera.

Dalam memilih seserahan, perhatikan hal-hal berikut:

Pertama, berbelanjalah bersama agar seserahan benar-benar sesuai dengan keinginan dan selera, terutama untuk merk kosmetik dan body care, ukuran dan model pakaian atau celana, ukuran dan model sepatu atau selop.

Kedua, sesuaikan dengan budget yang ada.

Tiga, seandainya pihak keluarga pengantin pria tetap ingin membeli sendiri barang-barang seserahan untuk pengantin wanita, tanyakanlah hal-hal yang penting seperti ukuran pakaian, celana, sepatu, selop, merk kosmetik yang biasa dipakai dan detail lainnya.

No comments:

Post a Comment